POTRET PANORAMA (POTENSI RETRIBUSI PARKIR ORANG MALANG)
Retno Ajeng Purbaningtyas
Ario Bima
Arif Rahman
Firina Lukitaningtias
Sukma Perdana
Abstract
Tujuan penelitian adalah: (1) Mengetahui manajemen tata kelola perparkiran di kota Malang oleh pemerintah daerah. (2) Mengetahui pemerintah daerah telah melakukan evaluasi terhadap sistem perparkiran yang ada pada sejumlah titik parkir yang tersebar di kota Malang. (3) Mengetahui sejauh mana efektifitas Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diperoleh melalui sektor retribusi parkir. Luaran yang kami harapkan dalam penelitian ini yaitu berupa artikel dan jurnal ilmiah yang dipublikasikan baik dalam bentuk cetakan maupun elektronik, sehingga masyarakat terutama kalangan mahasiswa dapat mengakses dengan mudah dan dengan biaya yang murah. Tujuannya agar mahasiswa dapat membaca dan mengetahui penemuan kami tentang potensi retribusi parkir di Kota Malang. Bagi pemerintah daerah penelitian ini dapat dijadikan masukan untuk memperbaiki sistem tata kelola parkir yang sudah berjalan sampai saat ini. Penelitian ini dapat digolongkan ke dalam penelitian deskriptif kualitatif. Metode ini dirasa tepat untuk dipilih karena memerlukan kajian yang mendalam terhadap fenomena yang terjadi serta dapat mengungkap makna di balik kejadian yang ada. Informan dipilih dengan cara purposive sampling, dimana informan dipilih sesuai dengan kriteria-kriteria yang layak untuk dijadikan sebagai informan, seperti: 1)Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Dinas Perhubungan Kota Malang, 2) BPKAD Kota Malang, 3) Juru Parkir. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode penelitian observasi partisipatif, dimana peneliti terjun secara langsung di dalam kegiatan tersebut. Di sela-sela kegiatan tersebut, peneliti akan mengobservasi dan mewawancarai subjek penelitian secara informal. Setelah data terkumpul, maka proses pengecekan dan validasi data untuk menunjang konsistensi data terhadap fenomena dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Triangulasi, dimana teknik ini digunakan untuk menyocokkan data dengan cara wawancara, 2) Wawancara tak berstruktur dari berbagai sumber dalam waktu, tempat, dan orang yang berbeda, 3) Multy-side design, mengumpulkan seluruh data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen tata kelola perparkiran di Kota Malang menggunakan sistem parkir konvensional yaitu sistem yang lebih mengutamakan peningkatan PAD dan sosial atau memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat, pemerintah daerah telah melakukan evaluasi terhadap sistem perparkiran yang ada pada sejumlah titik parkir yang tersebar di kota Malang. Efektifitas Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diperoleh melalui sektor retribusi parkir cukup besar dan mencapai target.