PENGEMBANGAN KARYAWAN MELALUI MOTIVASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA TOKO RITEL TRADISIONAL DI PASAR SAWOJAJAR

  • Dian Rokhmawati

Abstract

This aim of this study is to determine employee motivation to work in traditional retail stores in traditional markets and how traders motivate employees to improve their performance. The approach used in this research is qualitative approach with case study design. The results showed that employee motivation work is economic needs (physiological needs) and social needs (entertainment, have friends, have family). While the way traders motivate employees is to convey motivation in an atmosphere that is not formal or not serious when joking. Shop owners make it so that employees can remind each other and advise that together can work well. Traders also give bonuses in private, not together. Performance degradation is more due to the constraints of length of working hours, breaks that are not regulated clearly and the absence of entertainment facilities for employees.

References

As’ad, M. 2004. Seri Ilmu Sumber Daya Manusia Psikologi Industri. Edisi Keempat. Cetakan Kesembilan. Jogjakarta : Liberty.
Agus Sulaiman. 2011. Meningkatkan Daya Saing Pasar Tradisional. http://ekonomi.kompasiana.com. Diakses 12 Maret 2011 Pukul 23:20
Adrian, Payne. 2000. Pemasaran Jasa, The Essence of Service Marketing. Yogyakarta: Andi
Davis, Keith dan John W., Newstorm, 2000. Perilaku Dalam Organisasi, Alih Bahasa Agus Dharma, Erlangga, Jakarta.
Dessler, Gary. 2007. Manajemen Personalia. Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.
Ekaningsih. 2012. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dengan Persepsi Lingkungan Kerja sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Pada Satuan Polisi Pamong Praja Kota Surakarta). Jurnal Socioscentia. Vol. 4 No. 1
Groonros, C. 2001. Service Management and Marketing 2nd ed., Wiley New York. NY.
Gibson, J. L. 2003. Struktur Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Erlangga 5.
Guritno, Bambang Waridin. 2005. Pengaruh Persepsi Karywan Mengenai Perilaku Kepemimpinan, Kepuasan Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja. JRBI. Vol 1. No 1. Hal 63-74
Hasibuan, Malayu S.P. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Bumi Aksara, Jakarta.
Hadari Nawawi. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Handoko TH,. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE
Irawan, Handi. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Ilyas, Y. 1999. Teori Penilaian dan Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Indrarini. Tesis 2009. Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Dosen Akademi Swasta di Kota Semarang.
Ivancevich. Lorenzi. Skinner. Crosby. 2000. Manajemen Kualitas dan Kompetitif. Terjemahan Mohammad Musa. Jakarta: Fajar Agung.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta: Prenhalindo.
Kreitner, Robert. Kinicki, Angelo. 2014. Perilaku Organisasi. Salemba Empat. Jakarta
Leksono, Sonny. 2013. Penelitian Ilmu Ekonomi Kualitatif Dari Metodologi ke Metode. Raja Grafindo Persada PT. Jakarta
Lupiyadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Ke Tujuh. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mathis, John. H. Jacson. 2002. Manajemen Sumberdaya Manusia. Terjemahan Jakarta: Salemba Empat.
Mangkuprawira, Sjafri dan Vitalaya, Aida Hubies. 2007. Manajemen Mutu SDM. Bogor: Ghalia Indonesia
Moenir. 1995. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Raja Grafindo Persada PT. Jakarta
Novitasari, E. 2012. Teori Pelayanan Tinjauan Pustaka. Repository. usu.ac.id. Diakses 10 Maret 2015.
Nugroho, Ridwan. 2012. Jurnal Perilaku Konsumen dan Review Jurnal I. ridwannugroho2. blogspot.com. Diakses 15 Maret 2015.
Napitupulu, Paimin. 2007. Pelayanan Publik dan Customer Statisfiction. Bandung: Alumni.
Rivai, Veithzal. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 10. Jilid 1. Jakarta: Indeks.
Ridwansyah, Ardhi. 2013. Leadership 3.0. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Robbins, Stephen A. Judge Timothy. 2015. Perilaku Organisasi. Salemba Empat. Jakarta
Rivai, V. dan Mulyadi, D. 2009. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ruky, Ahmad S. 2002. Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Siagian, Sondang (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia (cetakan 15). Jakarta: Bumi Aksara.
Simanjuntak, Pajaman. 2005. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.
Sutrisno, Edy. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Penerbit Kencana, Jakarta.
Suprayitno dan Sukir. 2007. Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia. Vol. 2 Hal. 23-24
Sedarmayanti. 2007. Manajemen SDM cetakan 1. Bandung: Refika Aditama.
Sumarsono, Sonny. 2004. Metode Riset Sumber Daya Manusia. Yogyakarta:Graha Ilmu.
Thoha, Miftah. 2008. Perilaku Organisasi : Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.
Utomo, Tri Joko. 2011. Persaingan Bisnis Ritel: Tradisional vs Modern. Fokus Ekonomi. Vol. 6 No 1 Hal 122-123.
Walker, Dennis. 1997. Mendahulukan Pelanggan: Strategi untuk Memberikan Pelayanan Bermutu. Jakarta: Binarupa aksara.
Wijaya, Andree. Suhaji. 2012. Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. download.portalgaruda.org/article.php? Diakses 12 Maret 2015
Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Parsada.
Published
2017-11-02
Section
Articles