PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XII BAHASA DI SMA NEGERI 3 POCO RANAKA TIMUR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Nuraina Nuraina
  • Liliosa Hifrida Anul

Abstract

Pembelajaran kontekstual adalah sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan utuk dapat mengefektifkan dan menyukseskan implementasi dari kurikulum, dimana pembelajaran ini menekankan pada keterkaitan antara materi pembelajaran dengan dunia kehidupan peserta didik secara nyata, sehingga peserta didik mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi hasil belajar dalam kehidupan sehari-hari.Namun dalam kehidupan sehari-hari masih ditemui permasalahan yang berkaitan dengan pembelajaran berbasis kontekstual. permasalahan dalam penelitian adalah (1) Bagaimanakah cara penerapan metode pembelajaran berbasis kontekstual agar dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas XII bahasa di Sma Negeri 3 Poco Ranaka Timur Tahun pembelajaran 2021/2022 (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara setelah diterapkan metode pembelajaran berbasis kontekstual pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X11 bahasa di Sma Negeri 3 Poco Ranaka Timur Tahun Pembelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, analisis data mencakup redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitiannya sebagai berikut: Persentase hasil keterampilan berbicara siswa pada siklus I adalah 80% Baik Hal ini disebabkan oleh kurangnya keaktifan siswa dalam bertanya dan kurangnya perhatian siswa dalam mendengarkan penjelasan guru pada saat memberi arahan cara bercakap melalui telepon. Hasil keterampilan berbicara siswa pada siklus II meningkat menjadi 82,81% Sangat Baik, Hal ini terjadi karena perhatian siswa yang tinggi serta ditunjang oleh pendekan CTL itu sendiri. Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatann CTL pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi Menyampaikan isi pesan telepon sesuai isi pesan yang disampaikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XII Bahasa Sma Negeri 3 Poco Ranaka Timur.

Published
2021-03-12
Section
Articles