POTRET PEMBELAJARAN TERPADU PONDOK PESANTREN (PONPES)
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui tentang implementasi kurikulum terpadu di Pondok Pesantren (Ponpes) mencakup tiga aspek yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Artikel ini mengkaji berbagai literatur tentang kurikulum pondok pesantren. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif model konstruktivisme, digunakan untuk menganalisis kondisi obyek dan menganalisis data dengan tujuan mendeskripsikan kondisi alamiah yang terjadi kemudian dianalisa. Dalam penyusunan dan pelaksanaan kurikulum dideskripsikan secara sistematis dengan mengaitkan hubungan antara variabel. Datanya diperoleh melalui analisis literatur. Hasil artikel ini menunjukkan sebagai berikut; (1) penetapan kurikulum terpadu Pondok Pesantren (Ponpes) berangkat dari kebutuhan konsep pendidikan yang seimbang antara pelajaran umum dengan agama dalam satuan pendidikan; (2) pelaksanaan kurikulum terpadu mengacu pada kurikulum Kemendikbud dikenal dengan istilah Kurikulum 2013, Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan sebagai landasan penyusunan materi dalam setiap mata pelajaran; dan (3) evaluasi kurikulum terpadu dilaksanakan berdasarkan ketercapaian siswa terhadap hasil nilai pembelajaran di kelas serta sikap dan dilakukan sistem moving class setiap tahunnya.