IMPLEMENTASI MEDIA PERMAINAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SD

  • Moh. Toharudin
  • Nurul Hida

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya penggunaan media permaianan kartu bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca/hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas 1 SD Negeri Debong Lor Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal Jawa Tengah. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SD Negeri Debong Lor Kota Tegal pada siswa kelas 1 yang berjumlah 30 siswa-siswi yang dilaksanakan pada bulan Desember 2017 sampai Februari 2018. Pengambilan datanya menggunakan tes untuk mengukur hasil belajara, wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan prosedur empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data dan refleksi yang dilaksanakan dalam  satu siklus. Hasil penelitiannya sebagai berikut: Pada kegiatan pra siklus, diperoleh hasil yang kurang memuaskan. Masih banyak siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia  dengan Kriteria Ketuntasan Minimal 65, dari jumlah siswa kelas I diperoleh data 10 siswa (45%) mendapat nilai dibawah KKM, dan 12 (55%) siswa telah tuntas. Perbaikan pembelajaran siklus I, terdapat peningkatan yang cukup siginifikan, baik nilai rata-rata ataupun tingkat ketuntasan belajarnya. Dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa (77%) dari sebelum dilakukan perbaikan  yang hanya sebanyak 12 siswa (55%). Disarankan kepada guru hendaknya memakai media gambar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia agar siswa dapat fokus dan tertarik dalam materi yang diajarkan dan guru hendaknya lebih memotivasi siswa agar terus semangat dalam belajarnya.
Published
2018-03-08
Section
Articles