STRATEGI PENGEMBANGAN EKOSISTEM EKONOMI DIGITAL INDONESIA

  • Muhammad Pudhail
  • Imam Baihaqi

Abstract

Issu strategis dalam Peta Jalan E-Commerce Nasional adalah kebijakan pemerintah yang diyakini efektif menyuburkan ekosistem ekonomi digital Indonesia.  Dukungan penuh pemerintah pada entitas pelaku bisnis E-Commerce tertuang dalam dokumen Paket Kebijakan Ekonomi Jilid XIV, November 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang dijalankan untuk mencetak 1.000 teknopreneur pada tahun 2020, mengetahui seberapa efektif strategi yang diterapkan untuk mencapai volume pasar ekonomi digital sebesar US$ 130 Miliar 2020 dan menganalisis mampukah Indonesia menjadi Negara Ekonomi Digital Terbesar ASEAN 2020. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan Analisis SWOT. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa Strategi pemerintahan Presiden Jokowi menampakkan hasil positif. Strategi pemerintah diprediksi akan berjalan efektif sampai 2020, hasil analisis SWOT sebagai alat bantu mengukur perkembangan dan perubahan faktor internal dan eksternal secara kualitatif seiring berjalannya waktu, wajib dapat dikelola untuk memastikan sasaran capaian target pemerintah mampu tumbuh sesuai yang telah ditetapkan.  Pemerintah menerbitkan turunan Paket Kebijakan , berupa dokumen Peta jalan E-Commerce Indonesia. Secara metode strategis, inilah jalan yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan strategis untuk menjadi Negara Ekonomi Digital Terbesar di ASEAN.

Section
Articles