PROBLEMATIKA PELAKSANAAN SUPERVISI DAN SIKAP GURU TERHADAP SUPERVISI PEMBELAJARAN

  • Ariesza Trijitno Permata

Abstract

Supervisi merupakan layanan dan bantuan kepada guru-guru, yang bertujuan untuk mengembangkan situasi belajar mengajar yang dilakukan guru di dalam kelas. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya kualitas mengajar guru dan juga kualitas belajar siswa. Pada akhirnya, supervisi dilakukan dengan harapan akan dapat membantu sekolah agar mampu melakukan inovasi terhadap kurikulum yang sedang dilaksanakan serta meningkatkan proses pembelajaran di sekolah. Namun, tidak semua supervisor memahami tugasnya dengan baik dalam melakukan tindakan supervisi, apalagi ditambah dengan minimnya penguasaan teknik dan metode yang kurang aplikatif di lapangan, sehingga menjadikan supervisi bagaikan momok buruk bagi guru yang akan di supervisi. Hal ini menyebabkan munculnya keragaman sikap guru terhadap supervisi. Padahal sejatinya, supervisi akan menjadi layanan yang menyenangkan dan penuh kebaikan bila kedua belah pihak, guru maupun supervisor, sama-sama memahami tentang arti penting supervisi ini.

Published
2019-03-11
Section
Articles